Beranda

Monday, February 15, 2010

KLASIFIKASI TANAMAN

Klasifikasi tanaman
Terdapat banyak cara untuk menggolongkan tanaman. Cara yang nyata adalah menggolongkan menurut kegunaannya untuk manusia seperti untuk pangan , bahan bakar, kayu bangunan, makanan ternak dsb. Dapat pula menurut tempat tumbuhnya seperti laut, air tawar, tanah rawa, sawah, darat, dll. Ataupun menurut wujud umum dan perawakannya seperti herba berdaun, semak, belukar, perdu, pohon-pohon dsb.
Klasifikasi deskriftif
• Kebiasaan tumbuh
Penggolongannya menurut tanaman setahun atau semusim, dwitahunan, dan tahunan sudah dikenal sejak zaman yunani. Tanaman setahun melengkapi lingkaran hidupnya dalam satu musim tumbuh, dilestarikan dengan biji. Tanaman dwitahunan adalah tanaman yang memerlukan dua musim atau dua tahun untuk melengkapi lingkaran hidupnya. Tanaman tahunan adalah tanaman yang terus tumbuh tak terbatas.
• Struktur dan bentuk
Penggolongannya sebagai tanaman terna, tanaman pohon, tanaman merambat, perdu, semak umum dikenal. Tanaman terna, herbaceous, lunak dan sukulen, dengan sedikit jaringan sekunder atau tidak sama sekali. Tanaman berkayu adalah yang membentuk batang sekunder dan xylem banyak. Vines adalah tanaman menjalar atau merambat yang tak cukup berkayu untuk menopang dirinya. Perdu merupakan tanaman berkayu yang pendek dengan batang yang kaku dan cukup kuat untuk menopang pertumbuhan tegak; semak juga perdu yang secara mencirikan memiliki beberapa batang yang sama ukurannya dan derajatnya. Pohon adalah tanaman yang berkayu banyak, biasanya mempunyai batang tunggal, secara mencirikan tumbuh sangat tinggi.
• Kedudukan daun
Walaupun hampir semua tanaman menggugurkan daunnya baik secara cepat atau lambat, yang berhal demikian secara tiap tahun dan tidak berdaun untuk beberapa waktu disebut deciduous. Tanaman yang mempertahankan daun-daunan hijau sepanjang tahun disebut evergreen.
• Adaptasi iklim
Penggolongan ini sudah menerangkan dirinya sendiri. Tanaman tropic tumbuh pada iklim panas dimana jarang terdapat pembekuan. Kebanyakan menggugurkan daunnya sekali setahun karena perubahan iklim, tetapi jangka waktu untuk daun-daun tua diganti yang baru, secara relatif singkat dan kebanyakan bersifat evergreen. Tanaman
beriklim sedang tumbuh dimana ada musim winter yang nyata, dengan freezing yang berarti. Dapat bervariasi dari daerah subtropik sampai daerah kutub.
• Kegunaan
Pembedaan dalam hal tanaman berfaedah, tak berfedah dan berbahaya telah dibuat manusia primitif. Dari seleksi hanya tanaman-tanaman yang dapat berfaedah yang dijinakkan. Dari kegunaan, tanaman dapat dibedakan atas tanaman pertanian, tanaman hias, tanaman makanan ternak. Yang memberikan bahan-bahan yang dapat digunakan manusia disebut crops,yang untuk kepuasan estetik disebut ornamental, dan untuk penggembalaan ternak disebut forages.
Klasifikasi modern
Banyak usaha telah dilakukan sebelum zaman Linnaeus untuk mengkatalogkan tanaman secara metodik penemuannya; dengan Linnaeus muncullah langkah-langkah praktis untuk maju pesat. Ahli-ahli botani berikutnya mencoba menata spesies dengan urutan logis. Mereka mengenali bahwa wujud umum bukannlah azasnya, karena spesies yang sama sekali tak bertalian mungkin memiliki ciri-ciri serupa sebagai hasil respons terhadap keadaan lingkungan.
Dengan cara serum dan anti serum serta rekombinasi DNA yang diberi DNA bertanda radioaktif, dapat dibuktikan persamaan-persamaan organisme tingkat tinggi. Taxa minor dan major. Kategori divisi, kelas, ordo dan famili disebut taxa major dan dari kategori genus kebawah disebut taxa minor. Famili, suatu kelompok yang terdiri dari genera yang mempunyai pertalian merupakan kesatuan yang banyak persesuaiannya antara ahli-ahli botani. Famili-famili tertentu merupakan pendukung pertanian modern seperti famili Graminae, famili Leguminosae, famili Palmaceae, Famili Rosaceae, Famili Cruciferae.
Varietas tanaman
Dalam terminologi, istilah varietas menunjuk pada suatu kelompok tanaman tertentu dalam suatu spesies budidaya tertentu yang dapat dibedakan dengan suatu sifat atau sekelompok sifat-sifat. Contoh-contoh Varietas tanaman untuk padi adalah varietas syntha, bengawan, si gadis dll. sedang pada tanaman padi tersebut terdapat varietas-varietas botani seperti var japonica, var indica, var agglutinosa dl

1 comment:

  1. thanks for reading my blog..i really proud and happy when u read my blog and comment on it. i things u'r right, i must go for blog advertising & marketing for promote my blog. thanks fo u'r suggest. :)

    ReplyDelete

Untuk siapa saja yang mengunjungi blog ini silahkan beri komentar, kritik, atau saran demi perbaikan blog supaya lebih bagus hasilnya kedepan.
Terimakasih.

slideshow

Fotoku

Fotoku
lagi ikut lomba birdwatching

Islamic Web Category

Powered By Blogger