Beranda

Wednesday, November 4, 2009

Berita tentang Semarang Birdwatching Race 2009

Semarang, (berita2.com) :
Puluhan mahasiswa dan pelajar yang tergabung dalam Komunitas Pengamat Burung Se-Jawa, Minggu (25/10), mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan mencintai burung terutama yang masuk dalam hewan yang dilindungi.

Aksi tersebut diadakan di kawasan Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang dengan cara membawa berkeliling lapangan Simpang Lima sambil berorasi dan membawa poster-poster imbauan peduli lingkungan serta memunguti sampah-sampah yang berserakan.

Poster-poster yang dibawa tersebut antara lain bertuliskan "Lestarikan Hutan, Hindarkan Bencana", "Penjarakan Pembakar Hujan", dan "Sayangi Satwa Liar".

Kepada masyarakat yang berada di kawasan tersebut, mereka melakukan sosialisasi sekitar 70 jenis burung dilindungi dan hampir punah, dan diantaranya adalah burung Elang dan Gelatik Jawa.

Koordinator aksi tersebut, Yuliana Rahmawati mengatakan, aksi ini merupakan salah satu bagian dari Pekan Ilmiah Biologi yang dilakukan tiap tahun oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) jurusan biologi.

"Tujuannya adalah memberikan gambaran langsung kepada masyarakat agar mau peduli kepada berbagai burung yang hampir punah," katanya.

Selain itu, lanjut dia, aksi ini untuk mengajak masyarakat agar turut serta menjaga kelestarian lingkungan dan hutan yang menjadi habitat satwa.

"Ketika kita sudah mengenal suatu burung maka kita akan menyayangi, setelah menyayangi maka secara otomatis kita akan berusaha melindungi dengan ikut menjaga kelestarian alam sekitar," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Yuliana juga menerangkan kepada masyarakat bagaimana cara menjaga kelestarian lingkungan.

"Ketika alam sudah terjaga maka populasi burung yang berada di dalamnya juga ikut terjaga. Contoh yang mudah dalam menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya.

Kegiatan yang diikuti oleh komunitas pengamat burung dari Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Malang ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat.

Hal itu terlihat dari cukup antusiasnya beberapa masyarakat saat mendengarkan sosialisasi yang dilakukan mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan terutama untuk menjaga kelangsungan hidup burung yang hampir punah.(*un)

No comments:

Post a Comment

Untuk siapa saja yang mengunjungi blog ini silahkan beri komentar, kritik, atau saran demi perbaikan blog supaya lebih bagus hasilnya kedepan.
Terimakasih.

slideshow

Fotoku

Fotoku
lagi ikut lomba birdwatching

Islamic Web Category

Powered By Blogger